Label

Sabtu, 21 April 2012

Emansipasi Wanita yang Dibolehkan

Di zaman sekarang, banyak orang yang mengatakan emansipasi wanita. Emansipasi secara umum berarti kesamaan hak gender antara wanita dan pria. Wanita bisa bekerja seperti yang biasanya dilakukan oleh lelaki, misalnya kenek bus. Wanita bisa berprestasi seperti halnya lelaki, misalnya menjadi juara atlet gulat. Wanita bisa berkarier seperti lelaki, misalnya menjadi direktur suatu perusahaan.
Emansipasi sebenarnya dibolehkan dalam Islam, tetapi harus tetap berpegang teguh pada syari'at Islam. Berikut beberapa syarat wanita boleh beremansipasi dalam Islam:
1.   Harus mendapat izin dari suami atau orang tuanya.
“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. 4:34) Wanita yang sudah menikah harus mendapat persetujuan suami terlebih dahulu jika ingin melakukan sesuatu. Misalnya, jika istri ingin bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga, dalam hal ini istri harus mendapat izin dari seorang suami, dan suami harus mempertimbangkan segala kemungkinan yang akan terjadi. Banyak suami yang memperbolehkan istrinya bekerja di luar, tetapi dalam hatinya ia gelisah sehingga rumah tangganya rusak. Istri yang Muslimah harus bisa menjaga dirinya jika ia tidak sedang bersama suaminya.
Sedangkan wanita yang belum menikah harus mendapat persetujuan dari orang tuanya terlebih dahulu. Karena sesungguhnya Allah akan meridhai kita jika orang tua kita meridhai kita.
2.   Tetap menjaga auratnya.
“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. 7:26)
“Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. 24:31)
Bagaimanapun keadaannya, wanita tidak boleh menampakkan auratnya kecuali kapada mahramnya. Saat ini, banyak wanita yang mengumbar auratnya dengan mengatasnamakan emansipasi wanita. Sesungguhnya itu adalah kerusakan moral bangsa yang harus dihilangkan.
3.   Harus menjaga kehormatannya.
Wanita yang melakukan aktivitas di luar rumah juga harus bisa menjaga kehormatannya. Wanita yang shalihah bukanlah wanita yang takut digoda oleh lelaki, tetapi wanita shalihah adalah wanita yang takut penampilannya membuat lelaki ingin menggodanya.

8 komentar:

  1. Harus punya suami yang baik nih. Selain itu harus jadi wanita yang baik pula, Seperti Khadijah, Aisyah, Fatimah, dan Zaenab

    BalasHapus
  2. Aamiin.
    Wanita yg baik akan mendapatkan lelaki yg baik.

    BalasHapus
  3. situ ya yg jadi lelaki yg baik nyaa :p

    BalasHapus
  4. promosi blog aaah
    croisant.wordpress.com
    Dan Kau Pun Tahu!

    BalasHapus