Label

Senin, 27 Agustus 2012

Perjuanganku Bisa Kuliah


Perjuanganku Bisa Kuliah
            Cerita gue mulai dari akhir SMP. Dulu saat gue udah lulus SMP, gue ga tau mau melanjutkan ke SMA mana. Berhubung gue anak baru Bekasi, yang gue tau cuma SMAN 14, itu juga sekolah yang deket sama rumah, terus orang tua gue juga nyaraninnya di SMAN 14.
Tanpa disengaja gue denger teman-teman gue pada ngomongin yang namanya SMAN 4, gue ga tau tempatnya dimana. Kata mereka sekolahnya bagus, gue jadi tertarik sekolah di SMAN 4. Gue minta restu sama orang tua gue dan       dibolehin. Akhirnya sekolah pilihan pertama gue saat pssb adalah SMAN 4 Bekasi; pilihan kedua gue SMAN 14 Bekasi; pilihan ketiga gue SMAN 10 Bekasi. Tanpa gue duga, gue bisa masuk SMAN 4 Bekasi. Sementara teman-teman gue yang dari awal ngincer SMAN 4, malah ga dapet. Gue bersyukur banget karena gue ditakdirkan bisa sekolah di salah satu sekolah favorit di Bekasi.
            Awal SMA gue jalanin biasa aja, gue ga punya pikiran buat apa gue sekolah. Yang ada di benak gue cuma berangkat, duduk di kelas, terus pulang. Seakan-akan ga punya tujuan untuk apa gue sekolah. Sementara teman-teman gue udah punya rencana buat melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Banyak dari mereka yang ingin masuk ke jurusan IPA. Katanya kalo jurusan IPA lebih besar peluangnya. Gue ikutin aja deh kata teman gue. Gue masuk jurusan IPA tanpa modal,  gue ga ngerti Fisika, Kimia, apalagi Biologi.
            Kelas XI dibuka dengan pengarahan dari wali kelas gue. Dia bilang kelas XI itu saat yang paling menentukan buat masa depan kami nanti. Katanya inilah saatnya buat memperjuangkan cita-cita kami. Entah kenapa kata-kata wali kelas gue tadi ga bisa dilupain. Gue jadi termotivasi buat memperjuangkan masa depan gue. Dengan modal kata-kata mutiara wali kelas, gue jadi semangat buat sekolah. Dan semenjak itu prestasi gue meningkat. Alhamdulillah semester 3 gue bisa masuk 10 besar. Itu membuat gue yakin gue pasti bisa lebih baik kalo gue niat. Alhamdulillah, semester 4 gue bisa masuk 5 besar. Semenjak saat itu, gue mulai mau menentukan hidup gue sendiri, tidak lagi cuma mendengar kata teman.
            Kelas XII gue mulai dijelasin tentang berbagai cara masuk kuliah oleh guru BK gue. Gue ceritain semuanya ke orang tua gue. Kata orang tua gue, “Kamu kalo mau kuliah sambil kerja aja atau kerja dulu setahun baru nanti kuliah. Bapak ga ada duit buat biayain kamu kuliah.”  Hal ini membuat gue down banget. Teman-teman gue udah punya planning buat kuliah dimana, sementara gue masih belum jelas bisa kuliah apa engga.
            Gue ngadu masalah ini ke Allah. Walaupun belum tau mau kuliah dimana, gue tetap bertekad harus bisa kuliah. Tujuan utama gue mau kuliah ya cuma buat banggain orang tua gue.
Semua informasi tentang perkuliahan selalu gue tanyain ke guru BK. Suatu hari saat gue lagi berkonsultasi ke guru BK, gue dikasih tau kalo ada yang namanya beasiswa Bidik Misi. Gue dijelasin tuh semua tentang Bidik Misi. Kabar gembira ini akhirnya membuat gue kembali semangat dan gue kabari ke orang tua gue. Alhamdulillah respon orang tua gue jadi berubah. Mereka akhirnya mengizinkan gue kuliah tapi dengan syarat harus dapet beasiswa. Syarat yang sebenarnya sangat sulit karena memang saingannya yang sangat banyak. Semangat gue kembali membara. Gue jadi lebih semangat lagi buat belajar di kelas.
Semenjak itu gue lebih fokus untuk bisa kuliah. Gue jadi jarang main lagi sama teman-teman gue. Banyak teman gue yang ga suka sama perubahan gue, tapi gue harus melakukan ini demi masa depan gue nanti. Alhamdulillah gue pada semester 5 berhasil masuk peringkat 3 besar. Hal ini gue lakuin untuk membuktikan ke orang tua gue kalo gue serius buat kuliah.
Setelah nilai gue direkapitulasi, akhirnya gue bisa masuk ke SNMPTN Undangan. Gue bingung harus ngambil jurusan apa dan Universitas apa. Gue bisa masuk SNMPTN Undangan aja udah bersyukur banget. Karena banyak teman gue yang ga percaya kalo gue bisa masuk SNMPTN Undangan. Menurut gue wajar aja mereka ga percaya karena melihat pengalaman gue di kelas X yang ga ada peluangnya bisa masuk SNMPTN Undangan.
Sebelum gue cerita ke orang tua gue, gue harus ngaduin masalah ini ke Allah –Allah dulu dan Allah lagi. Dan akhirnya setelah beberapa hari menunggu, pertanyaan gue dijawab. Entah kenapa hati gue condong ke UI dan jurusan Fisika. Gue minta izin ke orang tua gue. Tapi orang tua gue lebih ingin gue kuliah di UNJ karena jaraknya yang dekat supaya ga ngekos dan biayanya yang ga terlalu besar.
Gue tambah bingung. Gue harus mengikuti hati gue atau mengikuti saran orang tua gue. Dengan konsep Ustadz Yusuf Mansyur, Allah dulu, Allah lagi, Allah terus, gue ngaduin lagi masalah ini ke Allah lagi. Tapi hati gue ga berubah. Gue omongin bareng-bareng sama orang tua gue. Gue yakinin ke orang tua gue kalo gue pasti bisa di UI dan gue pasti dapet Bidik Misi. Setelah beberapa hari akhirnya orang tua gue yakin dan ngasih izin ke gue. Pilihan pertama gue UI Fisika; kedua UI Matematika; ketiga UNJ Fisika; keempat UNJ Matematika. Dan gue juga terdaftar sebagai calon penerima Bidik Misi.
Ujian Nasional semakin dekat. Teman-teman gue banyak yang bimbel buat UN dan SNMPTN Tulis, sementara gue belajar otodidak. Yaa alasan gue ga bimbel karena masalah keuangan. Gue ga mau lagi menambah beban orang tua gue. Hari-hari gue jalani dengan belajar secukupnya dan berkualitas. Gue ga suka belajar yang terlalu lama karena bisa bikin otak gue sakit sehingga menjadi ga efektif.
Hari UN pun tiba. Alhamdulillah soal-soal UN bisa gue jawab dengan baik walaupun tidak 100%. Ada teman gue yang setiap hari disibukkan dengan bimbel malah kebingungan menjawab soalnya. Maaf gue ga bermaksud provokatif. Gue cuma mau ngasih saran ke orang-orang yang empunya bimbel, tolong anak-anak Indonesia jangan terlalu dibebani dengan belajar yang terus-menerus karena itu sangat tidak efektif menurut gue.
Setelah UN berakhir, otomatis gue ga ada kegiatan. Gue bantuin bokap gue kerja di rumah sembari menunggu hasil UN dan SNMPTN Undangan. Siapa tau bisa jadi tambahan buat gue kuliah nanti.
Teman-teman gue sering ngajakin gue belajar bareng. Gue sering ga bisa karena gue lagi kerja. Banyak teman gue yang menganggap gue udah kepinteran karena gue udah ga ikut bimbel, gue juga jarang belajar bareng. Gue sih beranggapan positif aja. Pasti mereka semua tuh sebenernya peduli banget sama gue.
Hari pengumuman UN pun tiba. Alhamdulillah gue dinyatakan lulus dalam UN. Tapi gue belum terlalu senang, gue belum tau bisa kuliah apa engga nih. Keesokan harinya pas banget hari pengumuman SNMPTN Undangan. Gue semakin deg-degan. Pengumumannya dimajukan jam 17.00. Banyak teman gue yang udah ga sabar buat membuka situs webnya.
Gue membuka hasilnya sesaat setelah selesai shalat maghrib. Sebelum melihat hasilnya, gue dan keluarga gue berkumpul dan berdo’a semoga ini yang terbaik. Akhirnya gue buka juga tuh situs webnya. Gue masukin tuh nomor pendaftaran dan pinnya.
Selamat Anda diterima..... Alhamdulillah  gue diterima di pilihan pertama. Gue langsung sujud syukur saat itu juga. Gue dan keluarga gue senang banget. Orang tua gue saking senangnya sampai ngasih tau ke semua saudaranya di kampung. Karena katanya gue yang pertama dari keluarga besar yang bisa kuliah.
Perjuangan gue belum berakhir. Gue harus bisa dapet Bidik Misi. Keesokannya gue download tuh formulir bidik misi dan pendaftaran ulangnya. Persyaratan Bidik Misi ternyata banyak juga yaa. Mungkin ini biar tepat sasaran. Gue urus tuh semua persyaratannya.
Setelah semua persyaratannya cukup, gue sama bokap gue serahin datanya ke pihak UI. Subhanallah ada saja cobaannya. Kami berdua naik motor dan tiba-tiba di jalan hujan. Kami berhenti sebentar untuk memakai jas hujan. Tak beberapa lama kami terjatuh di jalan karena jalanannya licin terkena oli dan air hujan. Alhamdulillah kami hanya lecet-lecet saja walaupun cukup perih.
Beberapa hari kemudian kami berdua ke UI lagi buat menyerahkan fotokopi raport buat diverifikasi. Alhamdulillah raport gue ga bermasalah, sementara teman-teman Maba UI yang lain ada saja yang bermasalah.
Lusanya kami lagi-lagi harus ke UI untuk daftar ulang. Karena gue calon penerima Bidik Misi, gue harus diwawancara, dan gue harus menunggunya lebih lama 3 jam dari Maba yang lain. Gue baru selesai semuanya jam 5 sore. Kasihan juga sih bokap gue harus nungguin sampai jam segitu.
Suatu hari setelah shalat maghrib, ada mahasiswa UI yang dateng ke rumah gue. Mereka ternyata mau menyurvei rumah gue. Mereka banyak bertanya tentang  gue dan keluarga gue. Gue jawab aja semuanya dengan tenang.
Hari pengumuman Bidik Misi UI pun tiba. Saat-saat yang paling menegangkan dan menentukan buat gue. Bismillah gue buka situs webnya. Subhanallah Alhamdulillah gue diterima sebagai penerima Bidik Misi. Gue sujud syukur lagi. Gue kasih tau ke orang tua gue. Alhamdulillah akhirnya gue bisa juga kuliah.
Ini ceritaku, apa ceritamu?
Menurut gue, inilah kunci kesuksesan gue:
1.       Allah subhaanahu wa ta’ala. TanpaNya gue akan bisa seperti ini.
2.       Orang tua gue dan orang-orang yang sayang sama gue. Do’a mereka dan restu mereka yang sangat berarti. Ridha orang tua adalah ridhaNya.
3.       Niat. “Semua amal tergantung pada niatnya dan setiap orang akan mendapat (balasan) sesuai dengan niatnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
4.       Usaha dan do’a. Usaha tanpa do’a itu sombong. Do’a tanpa usaha itu bohong.





Dibuat oleh: Satrio Aris Setiawan

4 komentar:

  1. terharu bacanya...keren banget perjuangannya gan(bukan ganteng lho ya ckck). hidup agan beruntung banget, punya motivasi yg menggebu-gebu.
    ceritaku boleh? . lagi galau jurusan! udah kelas XII dan blom mantep mau kuliah kemana. NB: sebener e aku ngimpiin hidup kayak punya agan. yang WOW.hehe
    thanks sharenya, jadi motivasi. gan, bisa gak bantuin galau jurusanku? (kyaa emang si agan dokter spesialis galau? :O ).
    visit me back :D

    BalasHapus
  2. oke terima kasih komentarnya.
    kalo anda seorang Muslim, lebih baik banyak shalat istikharah dan sunah-sunah lainnya

    BalasHapus