Label

Sabtu, 07 Januari 2012

Beberapa Keunikan Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia

Indonesia adalah negara kepulauan. Indonesia memiliki kurang lebih 17.504 pulau yang tersebar di seluruh nusantara. Dan hanya enam ribu pulau berpenghuni. Di dalamnya terdapat tiga pulau terbesar di dunia, yaitu Kalimantan, Sumatera, dan Papua.
Ya, negara Indonesia adalah negara yang besar, tapi pernahkan kita berpikir bagaimana agar kita dapat menjaga keutuhan wilayah NKRI? Mari kita lihat realita yang terjadi saat ini, pada tahun 2002 Indonesia kehilangan Pulau Sipadan dan Ligitan yang jatuh ke tangan Malaysia. Belum lama ini pula, mencuat kabar Malaysia mencaplok wilayah Camar Bulan di Kalimantan Barat. Bagaimana sikap pemerintah kita? Ya, Pemerintah Indonesia terkesan sangat lambat dalam menangani masalah perbatasan wilayah. Selain itu, negara Indunesia mempunyai Pulau terpadat didunia, Kepadatan penduduk di Jawa sekitar 940 orang per kilometer persegi. Sekitar 60% dari penduduk Indonesia (sekitar 130 juta orang) tinggal di Jawa, yang hanya 7% dari wilayah Indonesia.

Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia

Selain sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia juga merupakan negara maritim terbesar di dunia. Indonesia memiliki luas perairan seluas 93.000 km² dan panjang pantai sekitar 81.000 km² atau sekitar 25% garis pantai di dunia. Bayangkan saja, dengan luas perairan yang sangat luas tersebut, Indonesia dapat mengambil kekayaan laut di dalamnya yang sangat melimpah. Indonesia adalah penghasil rumput laut terbesar di dunia. Walaupun demikian, Indonesia belum menjadi jawaranya penghasil ikan terbesar di dunia yang kini dipegang China. Ironisnya, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan membuka kran impor ikan, alasannya untuk mendukung industri. Hal ini jelas-jelas merugikan bagi nelayan karena ikan lokal akan merosot tajam. Masalah belum berhenti disitu, maraknya pencurian ikan oleh nelayan asing masih saja kerap terjadi, disini peran pemerintah sangat dibutuhkan. Kalau begitu, apakah Indonesia masih layak disebut negara maritim?

Indonesia memiliki terumbu karang terbesar di dunia

Tahukah anda, Indonesia memiliki 17% dari jumlah terumbu karang di dunia? Indonesia adalah negara yag memiliki terumbu karang terbesar di dunia. Luas terumbu karang di Indonesia mencapai lebih dari 75.000 km2. Tapi tahukan pula anda jika terumbu karang yang berada di perairan Indonesia, 32 persennya terindikasi mengalami kerusakan serius? Data dari LIPI menyebutkan bahwa 6% terumbu karang berkondisi sangat baik, 26% baik, 36% cukup dan 32% rusak. Ironis bukan?

Indonesia memiliki hutan mangrove terluas di dunia

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia adalah negara yang memiliki hutan mangrove terluas di dunia. 2,5 hingga 4,5 juta hektar, merupakan mangrove yang terluas di dunia melebihi Brazil (1,3 juta ha), Nigeria (1,1 juta ha) dan Australia (0,97 ha). kondisi mangrove Indonesia baik secara kualitatif dan kuantitatif terus menurun dari tahun ke tahun. Tercatat sekitar 48 persen atau seluas 4,51 juta hektar rusak sedang dan 23 persen atau 2,15 juta hektare lainnya rusak berat. Kerusakan hutan mangrove di Indonesia sebagian besar diakibatkan oleh ulah manusia. Baik berupa konversi mangrove menjadi sarana pemanfaatan lain seperti pemukiman maupun industri.

Indonesia memiliki aktifitas vulkanis terbesar di dunia

Indonesia memiliki aktifitas vulkanis terbesar sedunia dengan memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif. Letusan Gunung Terdahsyat di dunia juga terjadi di Indonesia, yaitu erupsi Gunung Tambora yang terletak di Pulau Sumbawa pada bulan April tahun 1815 ketika meletus dalam skala tujuh pada Volcanic Explosivity Index, akibatnya abu gunung berapinya dapat menutupi sinar matahari dalam waktu yang lama hingga menghilangkan satu musim panas. Selain itu, suara letusan yang paling keras yang pernah tercatat adalah Letusan gunung berapi Krakatau pada tahun 1883 adalah begitu besar sehingga bagian atas gunung benar-benar meledak, membuat suara keras pada catatan manusia. Bunyi letusan bahkan mencapai sejauh Australia, beberapa 3.450 kilometer di sebelah timur! Hebat, bukan?

Tambang emas terbesar di dunia ada di Indonesia

Indonesia dianugerahi kekayaan alam yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah tambang emas Grasberg. Tambang Grasberg adalah tambang emas terbesar di dunia yang berada di Papua. Jangan senang dulu, tambang ini dikuasai PT freeport yang berbasis di Amerika Serikat. Ironis, masyakarat Papua tidur di atas emas, tapi kehidupan mereka masih miskin.

Indonesia adalah negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia

Indonesia adalah negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia dan disusul Malaysia. Jumlah produksi minyak kelapa sawit Indonesia pada 2011 adalah sebanyak 25,2 juta ton, sedangkan untuk Malaysia hanya sebanyak 18,8 juta ton. Terlepas dari hal tersebut, perusahaan kelapa sawit di Indonesia kini sedang sering disorot media. Ya, perusahaan sawit di Indonesia dituding menyebabkan kerusakan hutan yang sedang marak terjadi di wilayah Indonesia seperti Kalimantan dan Sumatera dengan merusak hutan untuk memperluas kebun kelapa sawit. Akibatnya, hutan Indonesia pun rusak, ekosistem terganggu dan mengancam keberadaan fauna di Indonesia. Belum lagi kasus yang kini sedang hangat dibicarakan, kasus perebutan lahan warga dan perusahaan sawit di Mesuji, Sumatera Selatan yang berakhir dengan tewasnya beberapa warga. hmmm... turut prihatin

Indonesia mempunyai danau yang menakjubkan

Indonesia mempunyai danau Vulkanik terluas di dunia yaitu danau Toba dengan ukuran panjang  100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Selain itu, danau lumpur terbesar vulkanis juga terdapat di Indonesia yaitu  Danau lumpur yang berada di kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur terbentuk sejak Mei 2006 setelah upaya pemboran yang gagal, tapi bedanya danau ini tidak cocok dijadikan tempat rekreasi.

Indonesia mempunyai tamu rutin setiap tahunnya

Inilah tamu setia yang khas datang ke Indonesia setiap musim hujan. Musim kering, air surut, musim hujan pasti…pasti… dan pasti banjir. Gituuuu…. aja terus sepanjang tahun!! Akibat pembangunan yang tidak terencana dan tidak dikendalikan, begitulah hasilnya. Di negara lain, ada juga dong banjir, tapi umumnya tidak terduga, misalnya karena badai topan dsb. Tapi indahnya Indonesia, banjir itu rutin alias selalu always, tidak oleh badai, tapi oleh kekhasan Indonesia saja. Kalau musim hujan datang, pasti banyak banjir dimana-mana. Jangan tanya pemerintah lah, kesalahkaprahan pembangunan pemukiman sudah sangat parah, Coba gimana kita tidak bangga? Hidup Indonesia!!

Penduduk Indonesia berpenghasilan sangat besar

Wah.. Ternyata pemasukan pengemis indonesia cukup tinggi juga loh. Cak To, pengemis asal Surabaya, punya 2 sepeda motor, sebuah mobil CR-V, dan empat rumah. semua itu didapatkannya dari hasil mengemis!! (bos pengemis maksudnya). Penghasilan yang ia dapat Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu per hari, yang berarti Rp 6 juta hingga Rp 9 juta per bulan. Pengemis aja penghasilannya segitu, gimana dengan penghasilan pejabat Indonesia ya?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar